Usia 50 Tahun, Transmigran asal Bali di Ladongi, Ungkapkan Rasa Syukur Melalui Kolaborasi Seni

  Tari Kejang Sari yang dibawakan oleh Wanita Hindu Darma Indonesia  Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara (Img : Situs...

 

Tari Kejang Sari yang dibawakan oleh Wanita Hindu Darma Indonesia  Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara (Img : Situs Sultra)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Indonesia adalah salah satu Negara yang  kaya akan Seni dan Budaya. Olehnya itu,  Karya Seni yang ada di Indonesia sangat beragam  jenisnya. Dan  salah satunya adalah Seni Tari. 


Dan salah satu Kesenian di Indonesia yang terkenal di Mancanegara ada di pulau Bali. Dimana  Kesenian Tari Bali ini memang sangat di kagumi oleh banyak Wisatawan Mancanegara.


Sehingga tak heran jika Bali yang dijulukin Pulau Dewata ini menjadi Daerah tujuan Wisata. Selain itu, Suku Bali adalah salah satu etnic  di Indonesia  dengan populasi  yang terbilang banyak karena  telah tersebar di Indonesia seperti yang kita jumpai di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).


Jika ditinjau keberadaannya di Koltim, mereka adalah Suku  yang ramah selalu mengedepankan hidup  berdampingan satu sama lainnya secara rukun  dan harmonis.     


Hal ini terbukti, saat masyarakat transmigran asal Bali di Koltim  merayakan Hari Ulang Tahun (HUT)  Ke-50 Ladongi 1.A . Dimana  mereka  berakulturasi dengan budaya warga asli seperti yang dilakukan di salah satu Pura di Kecamatan Ladongi, Jumat (23/9/2022).

Tarian Lulo yang diikuti Ketua TP-PKK Koltim, Hartini Azis, A.Ma (Tengah), Ibu-ibu WHI Ladongi dan beberapa Tokoh Transmigran Ladongi 1.A

Melalui acara HUT ke 50 tahun  Transmigrasi Ladongi 1.A,  Tarian Bali dan tarian warga Asli  berkolaborasi diantaranya, Tarian Lulo dan Tarian Kejang Sari.


Direktur CV. Dewa-Dewi, Ni Made Suardi  mengatakan dirinya merasa senang  bisa berkolaborasi melalui  kesenian  dengan warga asli  dalam rangka  mengikuti kegiatan Hut transmigrasi Ladongi 1.A yang digelar warga transmigrasi asal Bali.


"Tentunya saya termotivasi karena ada rasa syukur sebab kehidupan kita sudah jauh bedah dengan dulu. Sehingga kita mengadakan syukuran ini terutama wanita Hindu Darma Indonesia (WHDI) kecamatan Ladongi,"ucap Tokoh wanita Koltim ini.

Salah satu WHDI Kecamatan Ladongi, yang Tokoh Wanita  Transmigran  asal Bali, Ni Made Suardi saat mengikuti tarian Kejang Sari di HUT 50 Transmigrasi Ladongi 1.A

Kata dia, rasa syukur itu diungkapkan lewat tarian Kejang Sari yang dibawakan Wanita Hindu Darma Kecamatan Ladongi.


"Jadi ini adalah Kolaborasi antara Budaya Lokal juga Kami minta supaya ada tarian Lokal yang pertama penyambutannya tarian Tolaki tari mondotambe disitu kenapa, karena Kami menyadari Kami Suku Bali hidup bersama dengan orang Kolaka Timur,"jelas Tokoh perintis Transmigrasi Bali  di Ladongi generasi kedua itu.


"Apapun itu yang namanya lokal kita harus bersama termasuk tariannya  Lulonya, gayanya, budayanya dan  makannya, Saya sarankan kepada orang saya wajib kita junjung tinggi kata pepata dimana Kaki berpijak disitu langit kita junjung,"sambung  Ibu yang ramah dan dikenal dengan sapaan Dewa Dewi itu.


Untuk itu, Ia berharap agar  kedepan  generasi Bali yang ada di Koltim lebih memperkokoh persatuan dan kekompakan dengan semua  masyarakat yang ada di Koltim.


"Saya termasuk generasi yang kedua, mudah-mudahan generasi ketiga akan lebih menjalin keharmonisan antara  Kawan-kawan Tolaki dan semua  yang ada di Koltim,"harapnya.


Penulis : Darson

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,779,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,155,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Usia 50 Tahun, Transmigran asal Bali di Ladongi, Ungkapkan Rasa Syukur Melalui Kolaborasi Seni
Usia 50 Tahun, Transmigran asal Bali di Ladongi, Ungkapkan Rasa Syukur Melalui Kolaborasi Seni
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEif43DBr02ifAKQjuIvohMiTvsh0utDpGD_w7XsOqRXDjTzYtzHz7NzCHamLXxoVesq7mJVg70rjRcDXuXSLoWw4ygsIucebgPCsszD0OrErT8SCdhNV4FpVMqucOjhIMbu2JcOAlnRSAm6En2hLf4RbXhA6lAV6Ko6hrTC4jcC7OJON0L2dmQwWUIa1Q/s320/20220923_165048.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEif43DBr02ifAKQjuIvohMiTvsh0utDpGD_w7XsOqRXDjTzYtzHz7NzCHamLXxoVesq7mJVg70rjRcDXuXSLoWw4ygsIucebgPCsszD0OrErT8SCdhNV4FpVMqucOjhIMbu2JcOAlnRSAm6En2hLf4RbXhA6lAV6Ko6hrTC4jcC7OJON0L2dmQwWUIa1Q/s72-c/20220923_165048.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/09/usia-50-tahun-transmigran-ladongi-asal.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/09/usia-50-tahun-transmigran-ladongi-asal.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content